Tips Mengatasi Sinusitis Pada Anak

Tidak Selalu Anak Sakit Butuh Antibiotik

Sinusitis adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada hidung. Lebih tepatnya sinusitis adalah peradangan di rongga sinus. Semua usia bisa mengalami sinusitis, baik dewasa maupun anak-anak dan bahkan juga bayi. Salah satu obat untuk mengatasi sinusitis adalah obat semprot hidung sinusitis yang berupa dekongestan. Obat ini bisa membantu untuk meredakan hidung tersumbat yang dikarenakan oleh penumpukan lendir di rongga sinus.

Nah, ketika sinusitis menyerang anak, tentu setiap orang tua merasa khawatir bukan mengenai cara yang tepat untuk menangani dini di rumah. Memang sinusitis perlu dilakukan penanganan dini yang tepat serta sesuai dengan penyebabnya, begitu pun sinusitis pada anak-anak. Umumnya sinusitis yang dialami oleh anak dikaenakan oleh adanya bakteri yang menginfeksi ataupun kondisi lainnya di luar infeksi.

Beberapa gejala sinusitis di tahap ringan adalah anak menunjukkan gejala seperti flu yang umum terjadi atau ISPA pada anak. Kendati terlihat merupakan gejala yang ringan, akan tetapi sinusitis pada anak bisa semakin parah jika dibiarkan terus menerus dan bahkan beresiko membuat terjadinya komplikasi.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi sinusitis pada anak yang dapat dilakukan sendiri di rumah? Berikut ini tips kesehatan yang bisa dilakukan:

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres area hidung si kecil menggunakan kompres air hangat. Penggunaan kompres air hangat ini dapat bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri di area wajah serta juga dapat membantu untuk mengencerkan lendir pada sinus.

  • Kondisikan Area Istirahat Anak Cukup Lembab

Anda dapat memasang alat melembab udara di tempat anak beristirahat. Karena udara yang lembab bisa membantu meringankan masalah hidung tersumbat yang muncul ketika si kecil mengalami sinusitis.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Ajak si kecil untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik akan membantu anak tercukupi kebutuhan cairan dalam tubuhnya saat sinusitis menyerang. Minum air putih yang cukup banyak juga dapat membantu mengecerkan lendir pada sinus sehingga lebih gampang untuk dikeluarkan.

Selain ketiga cara tersebut, bisa juga dengan menggunakan obat semprot hidung sinusitis. Untuk lebih amannya memang memerlukan anjuran dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *