Ini Dia Beberapa Makanan Pedas Khas Jawa Timur

makanan khas jawa, makanan khas jawa timur, makanan jawa timur, makanan khas surabaya, makanan tradisional indonesia, makanan tradisional, hidangan khas jawa, masakan jawa, rawon, soto lamongan, soto jawa timur, rujak cingur, tahu campur, pecel lele, rujak soto, pecel jawa timur - nasi pecel madiun

Jawa Timur tidak hanya memiliki wisata alam yang menarik, tetapi pulau seluas 47.922 km ini juga memiliki  beberapa makanan enak yang wajib dicoba pada saat datang kesini. Makanan khas Jawa Timur ini terkenal menggunakan terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada sebuah masakan. Makanan khas dari Jawa Timur ini cenderung memilik rasa yang pedas. Berikut beberapa makanan pedas khas Jawa Timur diantaranya yaitu :

  1. Pecel

Bahan utama untuk pembuatan pecel ini adalah beberapa jenis sayuran yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, kol, irisan timun, dan tauge. Campurkan semua bahan sayuran itu dengan sambal kacang, dan akan semakin nikmat jika dipadukan dengan rempeyek.

  1. Rawon

Rawon ini memiliki ciri khas dari kuahnya yang berwarna hitam pekat yang akan didapatnya dari penggunaan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang digunakannya seperfti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, Lombok, kluwek, garam, dan yang lainya.

  1. Rujak Cingur

Rujak cingur ini menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yaitu irisan daging mulut atau cingur sapi. Biasanya cingur ini terdiri dari beberapa irisan jenis buah seperti timun, bengkuang, nanas, yang akan dipadukan dengan lontong atau nasi, tahu, tempe, cingur, sayuran, dan yang terakhir disiram dengan saus yang terbuat dari olahan petis udang dan bumbu yang lainnya.

  1. Rujak Soto

Rujak soto ini menggabungkan dua jenis makanan yaitu soto kuning dengan rujak. Tanpa dicampur saja, kedua makanan itu akan sangat enak dan menggoda. Tetapi jika keduanya digabungkan memang akan menimbulkan cita rasa yang luar biasa.

  1. Soto

Yang membedakan soto Jawa Timur dengan soto didaerah yang lainnya adalah bumbu kuahnya yang menjadi kuncinya. Kuahnya ini akan membuat soto memiliki rasa yang sangat lezat dan daripada soto yang lainnya lebih lengkap.

  1. Tahu Campur

Tahu campur ini terdiri dari selada, tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong yang akan bercampur dengan kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.

Itulah beberapa makanan pedas khas Jawa Timur. Selain itu masih ada makanan pedas lainnya yaitu pecel lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *