Cara Berhemat Dengan Lampu LED

Hasil gambar untuk lampu led

Penerangan dengan menggunakan lampu di dalam maupun di luar rumah merupakan hal yang penting. Penerangan yang baik akan menunjang kegiatan Anda dan keluarga di malam hari. Selain untuk menerangi kegiatan Anda seperti membaca dan bermain bersama, penerangan yang baik akan memberikan keamanan yang cukup untuk rumah Anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis lampu yang saat ini ada di pasaran, salah satunya adalah lampu LED.

Dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, penggunaan lampu LED saat ini lebih digemari karena faktor rendahnya daya yang dibutuhkan. Untuk lampu LED berdaya 4 watt akan memberikan penerangan yang sama dengan lampu bohlam berdaya 25 watt. Tentunya bila Anda berencana untuk mengganti lampu bohlam di rumah, memillih lampu LED pastinya akan memberikan keuntungan yang lebih bagi Anda.

Kelebihan Menggunakan Lampu LED

Lampu LED adalah kepanjangan dari Light Emitting Diode, merupakan diode-diode yang mampu memancarkan cahaya yang disusun menjadi sebuah lampu. Ia bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang menarik. Termasuk digunakan saat konser, penerangan laptop dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk hidup. Ada berbagai macam keuntungan bila Anda menggunakan lampu LED, sebagai berikut:

  1. Lebih hemat listrik

Lampu LED terbukti memiliki efisiensi listrik yang beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar atau bohlam. Dan lampu LED ternyata tetap jauh lebih efisien dari lampu neon. Beberapa lampu LED ada yang bahkan mampu menghasilkan lebih dari 300 lumen per 1 watt-nya. Pada umumnya, lampu LED hanya membutuhkan energi sebesar 10% dari jumlah energi yang dibutuhkan sebuah lampu pijar. Tentunya hal ini akan menghemat biaya pemakaian listrik Anda.

  1. Umur lampu yang lebih tahan lama

Karena murni berisi rangkaian elektronika tanpa adanya pijaran, maka umur lampu LED jauh lebih awet dibanding lampu-lampu jenis lainnya. Bila lampu neon mampu di garansi bertahan 1 tahun lamanya, maka lampu LED dipercaya bisa bertahan sampai 1000 hari, atau hampir 3 tahun.

  1. Keterangan yang lebih stabil

Lampu LED tidak memerlukan warn-up atau pemanasan terlebih dahulu untuk bisa menghasilkan cahaya terang. Berbeda dengan lampu pijar yang membutuhkan waktu untuk memanaskan elemen kawat didalamnya, lampu LED akan langsung menghasilkan cahaya maksimal begitu saklar dinyalakan. Lampu LED juga dinilai lebih stabil terangnya dibandingkan lampu neon yang mengandalkan tumbukan-tumbukan elektron untuk memedarkan cahaya.

  1. Beberapa bisa berfungsi sebagai lampu emergency

Ada beberapa lampu LED yang berfungsi ganda sebagai emergency light saat listrik padam. Dalam badan lampu, tersimpan baterai isi ulang yang akan menyalakan lampu saat listrik padam. Praktis bukan? Saat semua rumah di sekitar Anda padam listrik, lampu Anda tetap mampu menerangi rumah Anda agar aktifitas tidak ada yang terganggu.

Adanya kelebihan pasti akan ada juga kekurangannya. Kekurangan lampu LED sendiri adalah mahalnya biaya investasi awal. Harga lampu LED dibandingkan dengan tipe lampu lain memang jauh lebih mahal. Lampu LED memang berharga sekitar 2 sampai 4 kali lebih mahal dari lampu neon. Namun biaya investasi di awal ini pastinya akan segera terganti dengan berkurangnya biaya pemakaian listrik Anda.

Lampu LED memiliki banyak tipe dan warna cahaya yang dihasilkannya. Pastikan Anda sudah memilihnya dengan tepat sesuai dengan peruntukan ruangan Anda. Selamat berhemat dengan lampu LED

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *