Bunga Kredivo vs Ringan, Mana Paling Rendah?

https://lh6.googleusercontent.com/kVTPVo-IGiF-CAsZnqXCtgt8UyGIov3ejusK38uWaBnZcajjWjKoryVxGBS5aa1Ie7NxH1IGJwDAo_CdUi3ZbmLCYzKl-Vfg0pyuSi5Gxau-JlT0DD1TJDMxWzNjuoapKZyfhN5M

Ringan termasuk salah satu fintech yang berada di bawah naungan PT Ringan Teknologi Indonesia. Fintech yang berkantor di Sequis Center, Senayan, Jakarta ini melayani area di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang notabene adalah warga urban.

Daerah tersebut hampir sudah akrab dengan kredit online cicilan bulanan yang bisa ditemukan beberapa iklannya di seputar jalan, atau transportasi umum di daerah Jabodetabek.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah suku bunganya benar-benar ringan dan terjangkau sesuai dengan nama produknya? Disinilah kita akan membahas secara ringkas perbandingan antara fintech Ringan dengan layanan kredit instan yang disediakan oleh Kredivo.

Baik Ringan maupun Kredivo sudah sama-sama terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga perlindungan terhadap konsumen pun berada di payung hukum yang sama berdasarkan Undang-undang. Sederhananya jika sudah memilih fintech terdaftar minimal data-data pribadi akan dijaga sesuai dengan regulasi dari OJK.

Bunga Kredivo vs Ringan

Suku bunga Kredivo diklaim menjadi yang paling rendah diantara fintech lainnya. Bunganya sekitar 2,6% saja per bulan dan diberlakukan secara flat. Sehingga akan sangat mudah untuk menghitung simulasi bunganya sesuai dengan tenor yang disediakan.

Kredivo memang menyediakan beberapa pilihan tenor yaitu mulai dari cicilan dalam 30 hari tanpa bunga atau pilihan 3,6 dan 12 bulan dengan bunga tetap sebesar 2.6% per bulan. Ada sedikit perbedaan untuk penggunaannya. Jika produk yang dipakai adalah pinjaman tunai maka dikenakan biaya admin sebesar 6% di muka.

Sementara bunga pinjaman Ringan dipatok maksimum 120% per tahun atau jika dibagi rata kira-kira sekitar 10%. Ini artinya bunga pinjaman Kredivo jauh lebih rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman Ringan. Belum lagi dengan beban biaya admin di awal 3% sera biaya layanan lainnya.

Syarat pinjaman Kredivo vs Ringan

Persyaratan Ringan tidak berbeda jauh dengan fintech lending lainnya, berikut adalah persyaratannya:

  1. Warga negara Indonesia berusia 21-55
  2. Tinggal atau bekerja di wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)
  3. Memiliki KTP
  4. Memiliki rekening bank lokal dan mempunyai penghasilan yang stabil

Ringan memberikan kredit limit sampai dengan Rp20 juta bagi masing-masing nasabahnya. Untuk tenornya pun terbilang fleksibel mulai dari 3 sampai dengan 12 bulan.

Untuk Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Syaratnya adalah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Kredivo memberikan pinjaman tunai hingga Rp3 juta untuk member basic dan pinjaman hingga Rp30 juta untuk member premium. Perbedaan tersebut juga mempengaruhi dokumen persyaratan yang harus disiapkan. 

Keuntungan lain yang diberikan oleh Kredivo adalah layanan transaksi yang diberikan di lebih dari 1.000 merchant di seluruh Indonesia. Artinya tidak semata hanya memberikan fitur produk pinjaman semata. Transaksinya pun tidak hanya online saja, kini Kredivo bisa digunakan secara offline dengan metode scan QR Code atau menggunakan barcode seperti dompet digital lainnya. 

Contoh merchant yang sudah melayani secara offline seperti McD, Electronic City, Erafone, Best Denki bahkan IKEA untuk belanja furniture idaman. Jika tertarik dengan kelebihan yang diberikan oleh Kredivo, unduh aplikasinya secara resmi lewat Google Play Store atau App Store, Gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *