5 Tips Finansial Ketika Kamu Mulai Berkeluarga

Tak heran jika banyak pasangan yang kaget dan bingung saat mulai berumah tangga. Karena pada saat sudah menikah, semua sisi kehidupan akan berubah drastis, baik dari gaya hidup sampai kebutuhan finansial. Maka dari itu, dibutuhkan tips finansial agar semua dapat terencana dengan matang. Keluarga mudah jangan gegabah jika hanya mengandalkan aplikasi kredit untuk penuhi kebutuhan bulanan.

Mengapa? Karena finansial menjadi suatu hal krusial bagi setiap pasangan, terutama untuk pasangan yang baru menikah. Di sisi lain, finansial juga sangat berpengaruh terhadap kedekatan setiap pasangan secara internal.

Bahkan, finansial juga bisa menjadi salah satu sumber masalah terbesar dalam suatu hubungan. Maka dari itu, agar hubungan dapat berjalan lancar, terutama ketika memiliki anak, kamu dan pasangan harus mulai pandai dalam mengatur keuangan.

5 Persiapan Keuangan Keluarga yang Wajib Dilakukan

Sekarang saatnya mulai memikirkan tentang bagaimana cara mengatur finansial keluarga, sehingga nanti tidak akan kaget dengan segala kebutuhan rumah tangga. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Buat Sistem Secara Transparan

Pertama, mulailah untuk saling terbuka satu sama lain terkait dengan sumber dan jumlah penghasilan. Jika memiliki utang, jangan sungkan untuk berkata jujur, karena kebohongan dapat membuat keadaan menjadi berantakan di akhir nanti.

Misalkan jika terdapat utang, maka kamu bisa membicarakan baik-baik dan mencari jalan untuk mencoba melunasi secara bersama, jika diperlukan. Hal seperti ini wajib dilakukan, karena transparansi akan membangun kepercayaan satu sama lain dan dapat menumbuhkan keeratan hubungan.

Seperti yang juga dilakukan oleh Kredivo, salah satu aplikasi kredit tepercaya yang sudah terdaftar dan memiliki izin operasional dari OJK. Transparansi menjadi kunci yang diberikan oleh Kredivo. Semua transaksi bisa dilihat secara transparan dari dashboard aplikasi Kredivo. Apa yang dilihat oleh debitur di dashboard, itulah yang dibayarkan. 

Mulai dari bunga 2,6% perbulan yang paling rendah diantara perusahaan sejenis. Hingga cicilan atau tenor yang fleksibel dengan pilihan 3, 6 dan 12 bulan. Semua informasi tentang pinjaman maupun cicilan tentang Kredivo, secara transparan bisa kamu dapatkan dari situs resmi maupun aplikasinya. 

2. Tentukan Prioritas

Sebagai pasangan pengantin baru, kamu harus tahu bahwa nantinya pendapatan akan menjadi satu. Selain itu, di sisi pengeluaran juga akan saling meningkat sesuai dengan kebutuhan nantinya. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan keuangan keluarga, agar semua pengeluaran bisa terkelola dengan baik.

Lakukan komunikasi dengan pasangan tentang tujuan yang ingin dicapai bersama. Misalnya saja ingin memprioritaskan membeli rumah, cicilan kendaraan, asuransi, maupun untuk persiapan kebutuhan anak. Dengan seperti itu, kamu dan pasangan akan memiliki prioritas yang sama untuk menghindari perselisihan keuangan.

3. Buat Kesepakatan Pembagian Pengeluaran

Usahakan untuk membuat kesepakatan pembagian pengeluaran pada saat menjelang pernikahan. Namun, bagi kamu yang sudah menikah dan belum membuat kesepakatan, buatlah secepat mungkin.

Jika kamu dan pasangan adalah pekerja, coba untuk membuat secara rinci seluruh pengeluaran yang bersifat pokok. Baru setelah itu atur pembagian berdasarkan besaran pendapatan. Ini merupakan salah satu tips finansial keluarga yang harus diterapkan semua orang yang baru mulai berkeluarga.

4. Rencanakan Dana Darurat

Cara mengatur finansial keluarga yang selanjutnya adalah merencanakan mengumpulkan dana untuk kebutuhan mendesak atau yang bersifat darurat. Hal ini harus disiapkan untuk mengatasi jika suatu saat nanti terjadi hal-hal diluar prediksi, seperti musibah, sakit, melakukan renovasi rumah, dan lainnya.

Bagaimana jika gaji bulanan kecil? Tenang, kamu bisa menyisihkan setidaknya 10 persen gaji atau bonus untuk ditabung. Dengan menyiapkan dana darurat, tentu akan memiliki manfaat yang luar biasa bagi keluargamu di masa depan.

5. Jangan Boros dalam Berbelanja

Terakhir, saat belanja bulanan, pastikan apa yang dibeli adalah kebutuhan utama atau pokok. Agar tidak berbelanja berlebihan, coba buat daftar belanjaan sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan. Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan diskon harga untuk menghemat pengeluaran.

Nah, itulah beberapa tips finansial yang bisa kamu lakukan jika sudah mulai berkeluarga. Dalam kehidupan berumah tangga, kuncinya adalah saling mengerti satu sama lain dan menemukan jalan tengah secara bersama dalam tahap merencanakan finansial keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *