5 Klub Sepakbola Terkaya di Indonesia

Liga Indonesia tak luput dari sorotan majalah Amerika yang terkenal yakni Forbes, yang merilis daftar Klub liga Indonesia. Majalah Bisnis dan Finansial Amerika Serikat tersebut memilih 5 klub berdasarkan faktor sumber pendapatan. Dibalik finansial bergelimang tak sedikit klub juga mengalami masalah dan prestasi. Nah untuk mempersingkat waktu, disini akan saya sampaikan 5 klub sepakbola terkaya di Indonesia.

  1. Persib Bandung

Klub kebanggaan rakyat Jawa Barat ini menduduki peringkat satu, dengan pengeluaran dana sebesar Rp2.24 Triliyun. Klub yang dimanageri oleh Umuh Muchtar ini tak pernah kosong sponsor. Total sponsor yang bekerjasama dengan Persib yakni 14 Sponsor, bahkan suporter Persib pun (Bobotoh) tak lepas dari sponsor.

  1. Persebaya Surabaya

The Green Force atau Bajul Ijo adalah julukan tim Persebaya surabaya. Timi ini menempati posisi ke dua dari daftar majalah Forbes. Diyakini majalah Forbes ini Persebaya telah mengeluarkan dana sebesar Rp2.19 Miliyar untuk kebutuhan dan belanja pemain.

  1. Pesipura Jayapura

Tim ini berjuluk Mutiara Hitam, yang menempati posisi ketiga menurut majalah Forbes. Sponsor yang bekerjasama dengan Persipura ini adalah Telkomsel dan PT Freeport Amerika. Namun PT Freeport Amerika ini sudah tidak memperpanjang kontrak lagi bersama tim mutiara hitam. Dana pengeluaran timi ini sebesar Rp1.31 Miliyar.

  1. Mitra Kukar FC

Klub dengan julukan Naga Mekes ini berada diposisi ke empat, dengan pengeluaran dana sebesar Rp1,29 Miliyar.

  1. Semen Padang FC

Nama klub dan sponsor Sesuai dengan nama, yakni Semen Padang. Klub yang didukung oleh suporter The Kmers ini menempati posisi kelima dengan pengeluaran dana sebesar Rp1.26 Miliyar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *