5 Hal Yang Mesti Diperhatikan Ketika Membuat Es Buah

Source: http://www.openforbreakfast.com/en_US/recipes/chilled-ginger-lemon-bergamot-stoned-fruit-soup-served-with-yogurt-and-kashi-cookies-recipe-recipe.html

Siapa sih orang Indonesia yang tidak mengenal es buah? Ini adalah salah satu dessert favorit yang mudah disiapkan. Biasanya, es buah terbuat dari campuran aneka buah, perisa atau jus buah, dan es batu. 

Umumnya, es buah tidak mengandung alkohol dan cocok diminum oleh siapa saja, apapun suasananya. Es buah sering dijadikan sebagai minuman untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan, pengisi acara tertentu, hingga di jual bebas di pasaran untuk konsumsi sehari-hari. 

Apa Itu Es Buah?

Sesuai dengan namanya, es buah merupakan minuman dingin yang terbuat dari perpaduan buah tropis. Biasanya, orang-orang menggunakan jeruk, nanas, dan lemon sebagai periksanya. 

Untuk isiannya sendiri, kebanyakan orang memanfaatkan buah semangka, delima, dan jeruk yang sudah dipotong. Es buah juga dapat ditambahkan soda untuk mendapatkan sensasi segar tanpa batas. 

Bisakah Membuat Es Buah Tanpa Gula?

Sudah dapat dipastikan bahwa rasa es buah itu manis dan menyegarkan. Namun tidak semua orang menyukai rasa manis yang berlebihan. Hingga pertanyaan berikutnya muncul tentang apakah es buah bisa dibuat tanpa gula? 

Sebagian orang mungkin menghindari penggunaan gula berlebih atas dasar alasan kesehatan. Sebenarnya ini bisa dilakukan dengan tidak memberikan gula tambahan atau pemanis buatan.

Anda juga dapat menggunakan perisa buah asli yang berasal dari jus buah segar dengan kadar gula yang tinggi seperti nanas, semangka, mangga, dan jeruk. 

Source: https://www.dreamstime.com/fresh-tropical-fruits-beach-palm-leave-assorted-tropical-fruits-orange-ananas-pineapple-fresh-tropical-fruits-image144770931

Perisa Apa Yang Cocok Untuk Membuat Es Buah?

Es buah terbuat dari beragam buah yang dipotong kecil-kecil, lalu buah tersebut dimasukkan ke dalam wadah berisi air yang sudah ditambahkan perisa buah lainnya. Perisa buah atau essence digunakan untuk memberikan cita rasa baru yang lebih segar.

Anda bisa menambahkan perisa buah apa saja seperti jus buah atau essence buah. Namun yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan rasa buah dengan perisa yang akan dicampurkan. 

Biasanya, es buah menggunakan buah bengkoang, pepaya, semangka, nenas dengan pilihan essence pisang. 

Apakah Semua Buah Bisa Digunakan Untuk Membuat Es Buah?

Tidak ada ketentuan khusus tentang jenis buah apa yang dapat dijadikan es buah. Namun pastikan perpaduan buah yang dipilih tersebut memiliki rasa yang pas begitu disatukan.

Selain itu, Anda dapat memilih buah berdasarkan kandungan nilai gizi yang tinggi, tapi rendah kalori. Seperti salah satunya adalah es buah yang memanfaatkan jeruk, nenas, dan lemon. 

Dalam satu mangkuk es buah tersebut hanya mengandung 36 kalori. Akan tetapi, kandungan nutrisinya terbilang cukup padat. Satu porsi es buah ini mengandung 1% besi, 1% kalsium, 3% karbohidrat, 3% vitamin A, 4% kalium, 7% gula, dan 35% vitamin C.

Di Mana Membeli Buah Segar Untuk Es Buah?

Pasar atau supermarket merupakan pilihan untuk menemukan buah buah segar. Tapi terkadang tidak semua buah tersedia di sana.

Mengatasi hal ini, banyak orang yang memutuskan memilih berbelanja buah di situs perbelanjaan online. Tapi tenang saja, TaniHub bisa diandalkan dalam menemukan beragam buah segar untuk membuat es buah di rumah.

Cukup manfaatkan jari-jemari Anda dan cari buah apa yang Anda inginkan di sini! Dapatkan pilihan buah segar untuk membuat es buah, sayuran, hingga bumbu dapur terbaik. Dapatkan juga promo menariknya dengan berbelanja saat ini juga.. Jangan sampai ketinggalan yaaah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *