Hindari Kesalahan Berikut Saat Mengatasi Luka Bakar Pertama Kalinya


Saat kita memiliki luka bakar, maka kita perlu segera mengatasi luka tersebut. Sebab luka bakar memberikan sensasi yang tidak nyaman bagi para penderitanya mulai dari rasa nyeri karena luka dan rasa panas karena terbakar. Penggunaan obat luka bakar knalpot bisa menjadi solusi yang praktis untuk menyembuhkan luka bakar.

Sayangnya, disamping menggunakan obat luka bakar, seringkali diantara kita masih banyak yang melakukan kesalahan dalam proses penanganan luka bakar pertama kalinya. Padahal, kesalahan penanganan dapat berdampak buruk pada luka yang berujung pada proses penyembuhan luka yang berjalan lebih lama. Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu diwaspadai saat menangani luka bakar untuk pertama kalinya.

Membuat ikatan diatas luka

Pernahkah Anda melihat adegan di film-film action tentang salah seorang korban luka bakar atau luka tembak yang ditangani dengan memberikan ikatan diatas luka? Cara tersebut dianggap dapat membantu menghentikan pendarahan karena aliran darah yang dihambat ke area sekitar luka. Sayangnya, cara tersebut bukanlah langkah yang tepat dalam penanganan luka pertama kalinya karena justru dapat berdampak buruk bagi luka.

Membuat ikatan diatas luka dapat membuat jaringan di sekitar atau pada luka menjadi rusak. Seharusnya, yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan adalah dengan menutup luka secara langsung dengan kain dan membalutnya secara kencang. Cara ini juga berguna agar luka tidak terkena kotoran yang berpotensi menyebabkan terjadinya infeksi.

Memberikan terapi panas

Luka bakar seringkali tidak hanya memberikan rasa nyeri dan panas saja pada area sekitar luka tersebut. Seringkali, terdapat pula efek samping lainnya yang terjadi seperti pembengkakan pada area sekitar luka. Kondisi inilah yang seringkali salah disikapi dalam menentukan langkah penanganan yang tepat.

Seringkali, saat muncul pembengkakan pada area sekitar luka kita berusaha untuk memberikan terapi panas. Terapi panas dianggap bisa meredakan pembengkakan dan keseleo akibat luka tersebut. Padahal, cara ini justru dapat menyebabkan penyembuhan luka jadi semakin lama. Apabila terjadi otot yang tegang atau pembengkakan, sebaiknya kompres area tersebut dengan menggunakan es batu. Sehingga, rasa nyeri akibat luka bakar bisa teratasi sekaligus menyembuhkan otot yang bermasalah.

Disamping memperhatikan beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan, ada baiknya juga kita selalu membaca info kesehatan terpercaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut salah satu link yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan info kesehatan terpercaya dan terupdate www.guesehat.com/ketika-demam-berdarah-perlukah-antibiotik. Semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *