Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi

5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digoreng


Kamu ingin membuat donat tapi tidak memiliki ragi dirumah? Bisa banget! Biasanya pembuatan donat itu memakai metode slow proofing dikulkas, yang dimana adonan donat tersebut didiamkan semalaman didalam kulkas, bahkan beberapa orang menyimpannya selama 3 hari. Cara ini memang cukup terkenal karena menghasilkan tekstur donat yang elastis meski tanpa diuleni, akan tetapi dibalik itu semua, kekurangan dari metode slow proofing ini adalah aroma yang ditimbulkan adonan ketika didalam kulkas, ada beberapa kasus yang menjadikan seluruh isi kulkas beraroma ragi yang tentunya tidak sedap, terlebih lagi minyak yang digunakan setelah menggoreng adonan tersebut pun menjadi beraroma ragi yang tidak sedap. Apalagi jika kamu ingin membuat donat kentang, sudah terbayang bukan aroma tidak sedap yang ditimbulkan ketika campuran kentang dan ragi didiamkan lebih dari satu malam didalam kulkas? Saat ini cukup banyak masyarakat yang mencari resep donat kentang, karena cita rasa khas kentang yang lezat serta tekstur renyah pada donat menjadikan donat kentang ini primadona dan resep alternatif karena cara membuatnya yang terbilang cukup mudah. Maka dari itu saya telah menyiapkan sebuah resep donat kentang tanpa ragi agar kamu tidak perlu repot repot mencari ragi jika tidak tersedia dirumah, yuk simak resep nya berikut ini :

Bahan bahan yang perlu disiapkan adalah;

  • 100 gram tepung cakra
  • 60 gram kentang
  • 50 ml susu cair
  • 30 gram gula pasir
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh Baking Powder
  • 1/4 sendok teh garam

Langkah langkah nya adalah;

  1. Kukus atau rebus kentang kemudian haluskan, tambahkan margarin dan aduk dengan garpu.
  2. Tambahkan susu cair dan gula pasir, aduk sampai merata. Kemudian masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak, tambahkan garam. Aduk aduk dengan spatula kemudian uleni sampai kalis. Ada baiknya jika kamu uleni adonan selama 5-10 menit agar adonan elastis, lentur dan tentunya tidak lengket.
  3. Bagi adonan jadi beberapa bulatan, jika tidak memiliki alat pemotong donat, kamu bisa menggunakan tangan dan membuat lubang pada bagian tengah pada adonan tersebut, tidak masalah. Untuk memudahkan saat membentuk adonan, jangan lupa untuk selalu lumuri tangan dengan tepung.
  4. Tidak usah menggunakan metode proofing, langsung goreng saja di minyak panas dengan api sedang. Donat akan mengembang saat digoreng karena baking powder akan bereaksi saat bertemu gula dan saat terkena panas. Cukup sekali balik saja supaya tidak menyerap banyak minyak.
  5. Setelah kedua sisi berwarna coklat keemasan berarti donat sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Setelah ditiriskan, baluri donat kentang dengan gula halus atau kayu manis. Jika kamu tidak suka akan rasa kayu manis ataupun gula halus, kamu bisa mengganti varian toping tersebut sesuai selera.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Tidak akan ada aroma bau ragi yang tercium, bahkan aroma dari donat kentang tanpa ragi ini wangi sekali, apalagi kalau bukan wangi kentang dan susu. Memang tekstur donat kentang ini tidak terlalu mengembang sebagaimana donat yang memakai ragi, tetapi bagian dalam donat ini masih berserat seperti roti. Meski serat yang terdapat pada donat kentang ini kurang berongga dan cenderung lebih padat, tetapi rasa yang dimiliki donat ini lembut dan pulen. Selamat mencoba dirumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *