5 Tips Cerdas Agar Terhindar Dari Penipuan Saat Belanja Online

Product Image


Salah satu yang menjadi keunggulan dalam kegiatan belanja online, yakni lebih nyaman dan praktis. adalah soal kenyamanan. Ya, cukup melalui layar gadget, kita pun tidak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke toko konvensional untuk mendapatkan barang yang ingin kita beli. Karena dengan berbelanja secara online, kita hanya bermodalkan sebuah gadget yang dan internet saja. 

Meski dalam belanja online ini banyak keunggulannya, namun kita juga harus tetap waspada karena saat ini banyak toko online nakal yang menjual barang palsu atau penipuan. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan saat belanja jaket wanita online. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini.

1. Manfaatkan Kartu Kreditmu

Kartu kredit bisa merupakan salah satu cara belanja secara online yang lebih aman. Mengapa bisa? Pasalnya, karena kartu kredit ini mempunyai batas pengeluaran, sementara kartu debit akan secara langsung terkait dengan akun bank. Sedari itu, pertimbangkanlah untuk menggunakan kartu kredit dengan limit kredit yang rendah khusus digunakan untuk belanja onlinenya. Tak hanya itu, ada beberapa bank yang saat ini menawarkan kartu kredit ‘penggunaan satu kali’ atau ‘virtual’ kartu kredit yang dirancang khusus untuk aktivitas belanja online. 

2. Belanja di Toko Online Yang Sudah Terkenal dan Terpercaya

Guna mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam belanja online, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih berbelanja di toko online yang sudah ternama dan terpercaya. Disamping itu, kamu juga jangan mudah tergiur oleh penawaran harga yang lebih murah dan tidak masuk akal. Pasalnya, penawaran harga yang tidak wajar tersebut merupakan trik dari para oknum untuk menimu para konsumennya lho!

Dengan belanja di toko online yang sudah terpercaya dan terkenal, maka akan ada sistem pembayaran menggunakan rekening bersama yang mana uangmu akan di tahan oleh pihak marketplace dan baru diserahkan pada penjual ketika barang sudah kamu terima dan sesuai. Karena jika produknya tidak sampai atau tidak sesuai dengan pesanan, kamu juga dapat melakukan retur atau uang akan dikembalikan pada akunmu. Bukan hanya itu, keunggulan belanja di marketplace dimana kita bisa melihat ulasan dari pembeli lain untuk mengetahui apakah penjual bisa dipercaya, kualitas barang yang dijual, serta kecepatan pengiriman. 

3. Cermati Sistem Pembayaran

Pada umumnya, situs online shop itu selalu memberikan beragam system pembayaran mulai dari kartu kredit, melalui ATM, hingga melalui gerai retail modern. Dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan bukti kuat jika sudah melakukan transaksi atau kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Namun, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem PayPal, Transfer Kirim, atau Cash On Delivery (COD).

4. Cek Harga Total Belanjamu

Harga barang, ongkos bungkus, plus ongkos kirim biasanya ada diskonnya. Maka dari itu, kamu harus bandingkan harga total dari satu situs online shop ke situs online shop lainnya. 

5. Simpan Bukti Transaksi Belanja 

Tips aman berikutnya dalam belanja online, yakni  dengan menyimpan bukti transaksi belanja, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail yang telah dikirim antara kamu dengan si penjual.

Itulah 5 tips belanja online yang lebih aman, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *